Rakernas Hidayatullah 2021 Bertekad Mencerdaskan Kehidupan Bangsa


Ketua Umum DPP Hidayatullah , KH Dr Nashirul Haq,Lc.MA membuka kegiatan Rakernas 2021 ( foto: dadang)

HIDAYATULLAHJABAR.COM, JAKARTA
- -  Ormas Islam Hidayatullah menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2021. Kegiatan tersebut berlangsung di Kantor Pusat Dakwah Hidayatullah, Jakarta Timur, pada Kamis-Sabtu, 9-11 Desember 2021.

 

 

 

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hidayatullah KH Dr Nashirul Haq dalam sambutannya mengatakan bahwa Rakernas 2021 ini bertujuan meningkatkan kualitas atau kemajuan gerakan dakwah di Indonesia untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa.

 

 

 

“Kita berharap dengan digelarnya Rakernas 2021 ini, kemampuan kader-kader dalam berdakwah lebih terkonsolidasi, terstandarisasi, terintegrasi dan sistemik, sehingga kemajuan gerakan dakwah dapat diwujudkan secara bersama-sama di seluruh Indonesia, untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa,” ungkapnya pada pembukaan Rakernas Hidayatullah, Kamis (9/12/2021).

 

 

 

Lebih lanjut Nashirul Haq menegaskan bahwa beragam kemudahan fasilitas di era kekinian harus dipandang sebagai ujian dalam dakwah, sehingga tidak mengurangi kualitas diri dalam ibadah dan dakwah.

 

“Saat ini kita berada di masa di mana beragam kemudahan, fasilitas datang dan mengitari kehidupan umat manusia. Menghadapi itu semua, kita harus sadar, bahwa hakikat dari kemudahan, fasilitas dan beragam kenikmatan duniawi hakikatnya adalah ujian,” katanya.

 

 

 

Dalam rangkaian Rakernas Hidayatullah 2021 juga diberikan penghargaan terhadap Pesantren Hidayatullah di berbagai wilayah yang terkategori sebagai kampus utama, mulai dari standar, penilaian dan penghargaan dalam pengelolaan lembaga pendidikan, termasuk manajemen masjid.

 

 

 

Pada hari pertama Rakernas juga diresmikan Wisma Hidayatullah yang berkapasitas 300 orang dan Rumah Dinas Hidayatullah yang berada di kompleks Pusat Dakwah Hidayatullah, Cipinang Cempedak, Jatinegara, Jakarta Timur.

 

 

 

Selain itu, acara diisi pula dengan Kuliah Peradaban. Hadir sebagai pembicara yaitu cendikiawan yang juga sosiolog dari Universitas Indonesia, Dr La Ode Ida yang mengangkat topik: “Membangun Umat Berpengaruh dalam Pengambilan Kebijakan Negara.”

 

 

 

La Ode Ida menilai kiprah Hidayatullah sudah berada di jalur yang benar dalam perannya merekat dan mengikat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Hidayatullah ada di pulau-pulau di negeri ini, seperti di Papua,” ujarnya.

 

 

 

Berbicara berkenaan dengan topik, La Ode Ida mengatakan umat terutama komunitas organisasi Islam mestinya dapat memberi pengaruh dalam pengambilan kebijakan khususnya yang bersinggungan langsung dengan kehidupan.

 

 

 

Menurutnya, pengembilan kebijakan (public policy) adalah aturan terlembaga dan atau sikap pejabat publik untuk menciptakan keteraturan sosial untuk memecahkan problem-problem nyata duniawi.

 

 

 

Namun, betapapun, kebijakan publik tetap harus melihat individu dan gabungan individu sebagai bagian dari publik.

 

 

 

“Tidak semua kebijakan publik mewakili kepentingan publik, apalagi jika indvidunya banyak. Oleh karena itu, syarat pengembilan kebijakan harus menggambarkan semua kepentingan yang ada, jika tidak begitu, maka ia adalah kebijakan segmental,” kata La Ode Ida.

 

 

 

Acara Raker ini dihadiri oleh Pemimpin Umum, Majelis Penasehat, Dewan Pertimbangan, Dewan Mudzakarah, Dewan Murabbi Pusat, Dewan Pimpinan Pusat, Dewan Pengurus Wilayah, ketua amal dan badan usaha, dan oganisasi pendukung. [ ]

 

 

Reporter: Dadang K

 

Editor: Iman