Quran Center Hidayatullah Bandung Wisuda Sekolah Dai Angkatan Ke-1

 


HIDAYATULLAHJABAR.COM, KAB.BANDUNG - - Yayasan Quran Center Hidayatullah Kabupaten Bandung melaksanakan acara wisuda Sekolah Dai Angkatan Ke-1, Jumat malam (9/4/2021). Kegiatan yang sangat istimewa ini digelar di Masjid Baiturrahman Kampung Ciawarus Desa/Kecamatan Cilengkrang Kab.Bandung.

 

Dalam sambutannya Ketua PosDai Jawa Barat Ust.Iryana menyampaikan bahwa kampus  Quran Center Hidayatullah Bandung ini menjadi tempat bersejarah bagi kegiatan dakwah khususnya di wilayah Jawa Barat. Sebab, sambungnya, dikampus ini dibuka sekolah dai pertama dan kemudian dilaksanakann wisuda Sekolah Dai angkatan pertama.

 

“Semua serba yang pertama dan tentu ini sangat istimewa,”ungkapnya penuh haru.

 

Ia menjelaskan dari proses yang Panjang dengan berbagai tantangan yang harus dihadapi dan dijalani baik oleh pengurus maupun para santri akhirnya Sekolah Dai berhasil mewisuda 5 santri yang telah selesai melaksanakan program pendidikan selama satu tahun.

 

“Mewakili lembaga kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung program Sekolah Dai Bandung ini. Semoga sinergi dan kolaborasi yang baik selama ini akan tetap dan terus terjalin dimasa yang akan datang. Terima kasih kapad PosDai Pusat, DPW Hidayatullah Jabar, BMH Jabar, DPD Hidayatullah Kabupaten Bandungg, Yayasan. Quran Center Hidayatullah Bandung, dan seluruh tokoh masyarakat yang senantiasa membantu program program PosDai, dan juga para muhsinin atas bantuanya selama ini,” imbuhnya.

 

Sementara Ketua DMW Hidayatullah Jabar Ust.Dadang Abu Hamzah berikan pesan tentang tugas dai atau pegiat dakwah yang sangat dibutuhkan masyarakat termasuk tugas dai ke berbagai pelosok daerah.

 

“Disanalah tantangan dai yang sebenarnya yang dituntut harus mampu memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat.

 

Ia mendambahkan bahwa tugas dan peran dai adalah menjadi seorang agen perubahan dalam masyarakat untuk menjadikan masyarakat yang lebih baik, masyarakat yang bertauhid dan masyarakat yang beradab dalam kehidupan modern.

 

Begitupun Ketua DPW Hidayatullah Jabar Ust Taufik Wahyudiono menyampaikan apresiasi dan dukungan yang tak terhingga kepada semua pihak yang terlibat dalam Sekolah Dai ini kepada santri maupun pengurus semuanya. Dimana dari keterbatasan segi sarana dan prasarana belajar mengajar akan tapi dapat menghasilkan kualitas dai yang tidak kalah dangan lembaga  yang lain.

 

“Ingin harus kita buktikan bahwa menjadi dai adalah panggilan Allah Swt. Jangan pesimis dengan ada kekurangan tetapi semangat dakwah dan mencari ridho Allah maka itu yang membuat Allah membuka jalan dengan memberikan kemudahan,” ujarnya memberi semangat.

 

Ia pun berharap bahwa dari setiap lulusan Sekolah Dai Bandung ini dapat membuat dakwah berkibar minimal di Jawa Barat khususnya di daerah pelosok-pelosok yang masih sangat membutuhkan sentuhan dakwah.

 

Selanjutnya Ust Noval Abdullah, Ketua Yayas.Quran Center Hidayatullah Bandung berpesan agar santri lulusan Sekolah Dai dapat mengamalkan ilmunya kepada semua lapisan masyarakat. Ia juga menyampaikan semoga apa yang telah didapat di Sekolah Dai dapat menjadi bekal tugas berdakwah.

 

“Apa yang antum pelajari selama ini kebanyak masih sebatas teori, maka saatnya ilmu dan teori yang telah antum pelajari itu dipraktikan dalam ladang dakwah yang sebenarnya,”ungkapnya.

 

Ia pun memberikan motivasi bahwa dengan langsung praktik dakwah dilapangan maka ilmu yang telah dipelajari itu akan bertambah dan berkembang. Tak lupa ust.Noval pun berpesan untuk senantiasa melibatkan Allah Swt dalam segala urusan agar Allah memberikan kemudahan dan kelancaran dalam berdakwah.

 

Acara berlangsung dengan sangat sederhana namun penuh khidmat ini dimana seluruh Asatidz/dosen pengajar Sekolah Dai Bandungg bersyukur dapat menjadi bagian program luar biasa mendidik kader Dai yang siap ditugaskan ini. Acara diakhiri dengan ucapan selamat dan doa dari seluruh hadirin kepada dai wisudawan. [ ]

 

Redaksi: admin