Milad Ke- 28, Hidayatullah Cirebon Siap Lahirkan Generasi Tangguh dan Bertakwa



HIDAYATULLAHJABAR.COM, CIREBON
- - Terus kuatkan kiprah dakwah dan tarbiyah untuk membangun umat yang bermartabat, bertepatan dengan Milad Hidayatullah Cirebon ke 28 tahun, Tanggal 13 Agustus merupakan tanggal yang memiliki nilai hitoris,  yaitu 13 Agustus 1993 Pendirian Pondok Pesantren Hidayatullah Cirebon.

 

Seorang seorang ustadz Tangguh Bernama Sigit Setyawan, yang biasa di panggil ustad sigit adalah orang yang pertama kali meletakan batu sejarah di Hidyatullah Cirebon. Ustadz Sigit merupakan santri Pondok Pesantren Hidayatullah Surabaya.

 

Dengan bermodalkan Majalah Suara Hidayatullah (Sahid) beliau mulai merintis, siang beliau silaturrahim, sore silaturrahim, kadang petang silaturrahim dan di sepertiga malam beliau bermunajat (shalat lail). Beliau juga membawa sebagian para santri Pondok Pesantren Surabaya ke Cirebon.

 

Mulai dari ngontak-ngontak, terkadang tidur dimasjid, dengan keistiqomahan dan bersilaturrahim akhirnya Allah kabulkan doanya dengan mendapatkan tanah wakaf di daerah Sekarkemuning yang sekarang menjadi kampus 1 Hidayatullah Cirebon.

 

Kegigihan ibadah, semangat dalam beramal, selalu belajar dan pantang pengeluh itulah karakternya seorang da'i Hidayatullah.  Meskipun menyadari untuk bacaan quran dan hadits masih belum fasih, tapi itu tidak jadi beban untuk selalu tampil maju terdepan, contohnya pernah di undang oleh tim masjid pertama kaliyan untuk memberikan materi dalam diklat atau pelatihan.

 

Ustadz Sigit Setiawan MA perintis dan pendiri pesantren Hidayatullah Cirebon 


Berawal dari titik 0 tidak ada apa-apa Pondok Pesantren Hidayatullah Cirebon yang ustadz Sigit rintis bersama para santi dan pengasuh lainnya yang ikut andil dalam perintisan Pondok Pesantren Hidayatullah Cirebon

 

Kini sudah banyak  berdiri bangunan kokoh yang di sertai ragam program pendidikan mulai  ini dari tingkat:

1.   Day Care Yaa Bunayya,

2.   TKI Al Maslicha,

3.   TKIT yaa Bunayya

4.   SD Integral Luqman Al Hakim Cirebon

5.   MTs Sains Al Hadid Putra-putri

6.   MA Luqman Al Hakim putra-putri

7.   Pondok Pesantren Hidayatullah Tahfiz Putra-putri .

8.   Beberapa amal usaha lainnya.

Dengan jumlah santri 296 orang, ada 9 orang santri putra dan putri  yang telah menyelesaikan setoran hafalan 30 Juz.

 

Salah seorang santri yang bernama Aiffa Adhillah murid Mts menjadi juara pidato tingkat nasional pada acara Hi Fest dan Juara Puisi se Kota Cirebon,  dengan motivasi ingin menjadi hafidz yang mandiri.

 

Sementara Irtiya yang hafidz 30 Juz bersyukur kepada Allah dan senang berada di pesantren yang telah memberikan program program pendidikan yang pariatif, santri mendapat suport dari BMH berupa logistik santri dan bea siswa prestasi, santri tidak hanya di berikan ilmu diniyah tapi juga di berikan  keterampilan  menjahit, thibun nabawi, digital marketing dan kepanduan.

 

Dalam kesempatan tersebut Ustadz Komar sebagai ketua yayasan periode sekarang menyampaikan bersyukur kepada Allah dan berterima kasih kepada para perintis dan pendiri lembaga ini yang dengan jerih payah penuh ke ikhlasan telah menghantarkan Hidayatullah Cirebon ke usia 28 dengan terus menunjukan perkembangan dan kemajua.

 

Juga dalam memberikan pelayanan kepada umat, harapannya nilai nilai spirit perjuangan ini terus tertanam kepada para asatidz dan santri untuk menjadikan Islam Jaya dan Berkibar dalam memberikan solusi keumatan, saat ini beliau bermujahadah untuk menghadirkan fasilitas pendidikan yang nyaman dan aman, program utama di tahun ini yaitu pembangunan masjid yang berada di kampus 1 putri dimana masjid yang di pakai sudah tidak lagi nampung kegiatan santri yang jumlah santri tiap tahun terus bertambah. [ ]


Redaksi: Asep Juhana

Editor: iman