Sigap Tanggap Bencana, Tim SAR Hidayatullah Jabar Gelar Diklat SAR 2021


BANDUNG,HIDAYATULLAHJABAR.COM
- - Bencana alam yang terjadi di Indonesia masih menjadi ancaman serius yang harus diantisipasi dan diwaspadai bersama untuk meminimalisir korban jiwa maupun harta benda.

 

 


Indonesia khususnya di Jawa Barat yang mempunyai kondisi alam dan tanah yang beragam yang potensi terjadinya bencana alam seperti akibat hujan deras, banjir, tanah longsor maupun gempa.

 


 

Untuk mengantisipasi dan meningkatkan kewaspadaan serta keterampilan para relawan kebencanaan tersebut Tim SAR Hidayatullah mengadakan kegiatan Pendidikan dan Latihan Search and Rescue ( Diklat SAR). Kegiatannya sendiri akan berlangsung selama sepuluh hari mulai Kamis - Sabtu, (21-30 Oktober 2021) dengan mengambil lokasi wilayah Bandung Selatan.

 

 


Menurut Bang Suhendar selaku Ketua Panitia sekaligus pelaksana tugas Diklat SAR Hidayatullah Jabar menjelaskan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk membekali ilmu, ketrampilan dan kesigapan dalam mengantisipasi bencana alam khususnya di Jawa Barat.

 


 

“Relawan kebencanaan dan Tim SAR ini harus ditingkatkan ilmunya, ketrampilan dan kesigapannya dalam mengantisipasi bencana yang datangnya tiba-tiba,” ujarnya

 

 


Kegiatan ini akan berlangsung lokasi di tiga tempat yakni di Soreang, Rancaekek dan Pangalengan. Untuk pembukaannya sendiri dilakukan di Soreang Kabupaten Bandung.

 

 


"Penduduk Jawa Barat sekitar 50 juta jiwa ini tidak sebanding dengan jumlah tim SAR atau relawan. Maka dari itu, SAR Hidayatullah harus ikut andil dalam penanganan bencana alam" ujar Ust. Hasby selaku Kadept. Sosial DPW Hidayatullah Jawa Barat sekaligus membuka acara diklat SAR.

 

 


Ust. Hasby menambahkan adapun yang akan menjadi instruktur dalam kegiatan ini ada dari SAR Hidayatullah Pusat Jakarta, Basarnas Jabar, BPBD Jabar.

 


 

“Insya Allah para instruktur sudah konfirmasi akan hadir “ imbuhnya.

 

 



Sementara jumlah pesertanya ada 40 orang dari berbagai daerah di Jawa Barat dimana diakhir kegiatan ini akan ada prosesi pengkukuhan. Panitia berharap kegiatan berjalan Diklat SAR ini dapat lancar.

 


 

“Mohon dukungan dan do'anya semoga kegiatan ini berjalan lancar,” bang Suhendar pungkasnya . [ ]

 

 

 

Rep: sayid

Editor: iman