MTs - MA Integral Luqman Al Hakim Hidayatullah Bojonegoro Selenggarakan Traning Kepenulisan

 


Kegiatan training menulis di Hidayatullah Bojojonegoro ( foto: agus r )

HIDAYATULLAHJABAR.COM
- - Kemampuan dan minat literasi dikalangan generasi muda khususnya bagi para siswa masih rendah. Untuk mengatasi hal itu Lembaga Pendidikan MTs-MA Integral Luqman Al Hakim Hidayatullah Bojonegoro bekerjasama dengan Penerbit Mitra Karya mengadakan training menulis dengan tema “Teknik Menulis Cerpen Bagi Pemula”,  Selasa (1/2/2022) yang lalu.

 

 

 

Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan literasi dan kemampuan menulis di lembaga khususnya bagi para santri dan guru. Acara yang berlangsung mulai 08.00 -14.30 wib ini diikuti oleh 82 siswa dan 23 dewan guru.

 

 

 

Pada training kepenulisan ini dimentori langsung oleh narasumber terbaik di bidangnya yakni Bagus Ibrahim, S, Sy ( Penulis dan CEO Penerbit Mitra Karya) bersama partnernya Saifu Ali (Penulis, CEO Penerbit APF).

 

 

 

Sebelumnya, dalam sambutannya  Ustaz Darwanto S, Pd selaku Kepala Madrasah mengungkapkan bahwa pihaknya sangat mendukung penuh kegiatan ini. Ia juga berharap para siswa dapat mengikuti dengan baik dan memiliki output yang terukur  yakni dapat menerbitkan karya tulis berupa buku.

 

 

 

Dalam paparannya Ustaz Bagus selaku pemateri pertama menyampaikan  tentang ‘Teknik Dasar Kepenulisan’. Materi ini disampaikan sebagai rangsangan awal bagi peserta agar lebih termotivasi dalam memulai menulis.

 

 

 

Kemudian, materi kedua disampaikan langsung oleh Ustaz Saifu Ali terkait materi menulis cerpen. Materi yang disajikan ini pun tidak kalah menarik. Pada materi ini selain dibekali dengan teori, para peserta juga melakukan praktek langsung. Di akhir waktu, narasumber memberikan reward bagi peserta terbaik.

 

 

 

“Tidak menyangka bisa  mendapatkan hadiah dari penulisnya langsung. Saya sangat senang sekali, ” ungkap Ahmadina, salah satu peserta seminar dengan gembira.

 

 

 

Kegiatan training kepenulisan dan literasi ini memiliki dampak yang luar biasa, baik pada guru maupun siswa. Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan menjadi jembatan awal peningkatan literasi untuk meningkatkan kualitas lembaga lebih baik lagi ke depannya khususnya dalam membuat karya tulis yang berkualita. [ ]

 

Rep: Siti Femi Listiana, S.Pd

Editor: iman