Pesantren Hidayatullah Cirebon Gelar Workshop Digital Marketing


Peserta dan narasumber workshop digital marketing melakukan foto bersama ( foto: dadang)

HIDYATULLAHJABAR.COM, CIREBON
- -“Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan dan dakwah perlu meningkatkan mutu dan pelayanannya. Karena itu, di era digital saat ini, para pengurus pesantren harus bisa mengoptimalisasikan teknologi,” papar Ustadz Mistari R, M.Pd, pengurus Departemen Pendidikan dan Kepesantrenan Hidayatullah Wilayah Jawa Barat, saat membuka kegiatan Workshop Digital Marketing, Sabtu (1/10/2022).

 

 

Acara yang bertema “Optimalisasi Sistem Digital untuk Akselerasi Dakwah dan Pendanaan” ini berlangsung di gedung BLKK Pesantren Hidayatullah Cirebon, Jalan Surapandan, RT. 03 RW. 04 Kelurahan Argasunya, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon. Kegiatan ini diikuti sekitar 20 orang terdiri dari perwakilan pengurus Pesantren Hidayatullah Rayon Timur, seperti Hidayatullah Tasikmalaya, Banjar, Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Indramayu, dan Majalengka.

 

 

Hadir sebagai nara sumber yaitu Irfan Hasamuddin, pegiat digital marketing. Irfan menyampaikan bahwa saat ini setiap orang tidak lepas dari gawai, sehingga ini merupakan peluang bagi dunia pesantren untuk mengembangkan dakwah dan sekaligus juga pundraising.

 

 

Menurutnya, workshop ini harus ada tindak lanjut dan pendampingan, sehingga betul -betul bisa direalisasikan oleh para pengurus pesantren. “Harapannya, setelah pelatihan ini pengurus pesantren bisa langsung eksis di dunia maya dan praktek langsung menggunakan media sosial, seperti, IG, FB, YouTube dan Website,” ujarnya.

 

 

Para peserta workshop sangat senang dan antusias. Salah satu perserta workshop, Suharno, mengatakan bahwa Pondok Pesantren Hidayatullah Indramayu sudah memiliki website dan medsos akan tetapi secara penggunaan belum maksimal. “Dengan adanya workshop ini mudah-mudahan pengelolaan website dan mendsos kami lebih optimal lagi,” katanya. [ ]

 

 

Rep: Dadang Kusmayadi

Editor     : Iman