Hidayatullah Karawang Tuan Rumah Training Juru Sembelih Halal

 

Sejumlah peserta mengikuti pelatihan sembelih halal di Pesantren Hidayatullah Karawang ( foto: dadang kusmayadi )

HIDAYATULLAHJABAR.COM, KARAWANG - - DPD
Juleha (juru sembelih halal) Karawang mengadakan Daurah Marhalah Wustha untuk juru sembelih halal yang bertempat di kampus Yayasan Ummul Quro Pondok Pesantren Hidayatullah Karawang, Ahad (29/1/2023).

 

Acara ini diikuti oleh 100 peserta dari beberapa daerah, seperti Karawang dan Bekasi. Mereka adalah utusan DKM dan pelaku usaha sembelihan halal.

 

Sebagai tuan rumah, Ustadz Muntasir menyampaikan ungkapan terima kasihnya.

 

"Kami sebagai pengurus Yayasan Ummul Quro Pondok Pesantren Hidayatullah Karawang  berterima kasih sudah bisa hadir di tempat ini," ujarnya.

 

Menurutnya, Yayasan Ummul Quro dan Juleha ada sisi kesamaan.

 

"Kita sama-sama berdakwah. Juleha dakwah tentang penyembelihan halal untuk menyelamatkan perut dan kehidupan umat, sedangkan kami berdakwah  melalui pendidikan untuk mencerdaskan umat, maka moto kami dalam pendidikan yaitu bertauhid, berkarakter, dan unggul," papar Muntasir.

 

Muntasir melanjutkan,bahwa pendidikan yang kami kelola mulai dari TKQ Yaa Bunayya dengan jumlah siswa 69, SDI Ummul Quro 70 siswa, MDTA Yaa Bunayya 45 siswa dan santri tahfizh 17 siswa,  6 di antaranya sudah selesai 30 juz.

 

Sementara, Pembina Juleha Karawang, Ust. Nanang Hanani pada pembukaannya mengatakan bahwa juru sembelih halal Indonesia merupakan amanah dakwah dan amanah ilmiah dari Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam.

 

"Hadis Rasulullah Saw tentang sembelihan halal sudah jelas,  bahwasanya kita harus berbuat ihsan terhadap segala sesuatu termasuk ketika menyembelih hewan," ujar Nanang yang juga Pembina Yayasan Ummul Quro Hidayatullah Karawang.

 

"Kita harus menyempurnakan penyembelihan dengan menajamkan pisau sehingga mempercepat proses penyembelihannya," imbuhnya.

 

"Dalam pelatihan penyembelihan ini ada 3 marhalah, yaitu marhalah 1 berkaitan fiqih sembelihan, marhala 2 tentang alat sembelihnya dan asah bilah. Sedangkan marhalah 3 yaitu tentang kesejahteraan hewan," pungkasnya.

 

Acara ini diisi oleh tim Juleha DPD Karawang, di antaranya Ust. Aziz Nurrohman sebagai Ketua Juleha DPD Karawang yang dikenal dengan sebutan Mr. Golok.

 

Para peserta merasa puas. Selain mendapatkan modul pelatihan, perlengkapan asah bilah, dan makan, juga bisa bersilaturahmi dengan peserta dari berbagai daerah.

 

"Alhamdulillah, terima kasih Pak Ketua dan pengurus DPD Juleha Karawang, saya tadinya tidak bisa ngasah sekarang agak lumayan berkat ilmu yang disampaikan. Jazakumullah khairan," ujar Ahmad.

 

Selain itu, Muslimin Achmad juga menyampaikan, "Alhamdulillah, mantap tim Juleha Karawang. Matur suwun nggih Mas atas ilmunya, semoga barokah. Aamiin," katanya. [ ]

 

Rep: Dadang Kusmayadi

Editor: Iman