Rakeryas Manarussalam Pesantren Hidayatullah Kota Cirebon, Hasilkan Program Unggulan


foto: asep juhana
HIDAYATULLAHJABAR.COM, CIREBON - - Yayasan Manarussalam Pondok Pesantren Hidayatullah Kota Cirebon sukses menggelar acara Rapat Kerja Yayasan (Rakeryas), pada Rabu, 18 Januari 2023/25 Jumadil Akhir 1444 H.

 

Rakeryas bertema Standarisasi, Optimalisasi, Sentralisasi serta Integrasi Sistemik Sumber Daya Insani dan Keuangan Menuju Peningkatan Mutu Dakwah dan Tarbiyah di Pondok Pesantren Hidayatullah Kota Cirebon ini dibuka oleh Ketua Pembina Ust. Taufik Wahyudiono, S.Pd, yang juga menjabat Ketua DPW  Hidayatullah Jawa Barat.

 

Menurut Taufik, rapat kerja yayasan ini perlu diagendakan setiap tahun sebagai media evaluasi dan penguatan program kerja yayasan. Hal itu berpedoman kepada Peraturan Organisasi (PO) bahwa ada beberapa rapat yang perlu dilaksanakan baik harian, mingguan, bulanan maupun tahunan dengan berbagai level dan unsur di yayasan. “Untuk pengawas wajib melalukan rapat rutin bulanan dengan pengurus dan kepala departemen, sementara dengan pembina wajib dilakukan minimal 3 bulan sekali,” ungkapnya. 

 

Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa ada juga rapat khusus yang dilakukan baik oleh pembina maupun pengawas sesuai situasi dan kondisi. “Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menerapkan pengelolaan dan sistem pengelolaan yayasan yang lebih baik dan tidak terjadi miskomunikasi yang berakibat kemunduran,” imbuhnya.

 

Sementara Ust. Qomaruddin, M.Pd,  Ketua Yayasan Manarussalam, menyampaikan bahwasannya upaya untuk meningkatkan standarisasi dan optimalisasi SDM, yayasan mencantumkan  4 program dan ada juga 12 program masukan dari dewan pembina. 

 

“Alhamdulillah, semuanya berjalan dengan baik dan terlaksana terutama dalam penataan dan pembangunan di kampus 2 sebagai pusat adminitrasi dan layanan pendidikan formal, baik TK maupun SD Intergral,” paparnya.

 

Kedepan, kata Qomaruddin, yayasan akan menyiapkan pendidikan yang unggul dalam imtaq dan iptek serta   profesional, dan juga standarisasi melalui digitalisasi pengelolaan administrasi bisa terlaksana dengan baik. Lebih lanjut Qomaruddin berharap,

 

“Kami berharap dukungan, bimbingan dan do’a dari para pembina dan pengawas serta musyawirin bisa lebih baik lagi, berjalan sukses dan mendapatkan keberkahan.”

 

Adapun target di tahun 2023, pembina dan pengawas berharap ada program lanjutan dan unggulan yang dilaksanakan oleh pengurus yayasan. Di antaranya pembentukan PESMADAI (Pesantren Mahasiswa Da’i) yang akan disinergikan dan berkolabirasi dengan Pemuda Hidayatullah dan perguruan tinggi di sekitar pesantren.

 

foto: asep juhana

Acara tersebut turut dihadiri oleh pengawas yayasan, kepala unit dari tingkat  Day Care Yaa Bunayya, TKIT Yaa Bunayya, TKII Al Maslicha, DTA Baitussalam, SD Integral Luqman Al Hakim dan MTs Sains Al Hadid. Selain itu, juga hadir MA Luqman Al Hakim, Koperasi Maju Sejahtera, direktur BLKK Hidayatullah Cirebon, tim pendanaan, dan seluruh kepala departemen pendidikan, sarpras dan dakwah, serta Dewan Guru Sekolah Hidayatullah Cirebon.

 

Kini, Yayasan Manarussalam Pondok Pesantren Hidayatullah Kota Cirebon yang didirikan oleh kader Pesantren Hidayatullah Surabaya, (alm) Drs. Sigit Setyawan, MA terus berkembang dengan pesat. Yayasan ini didirikan pada 13 Agustus 1993 dengan Akta Notaris Bachrudin Hardigaluh, SH No. 14 tahun 1993. [ ]

 

 

 

Reporter: Asep Juhana & Mistari

 

Editor: Dadang Kusmayadi