Buka Puasa Dengan Gorengan ? Ini Bahayanya Menurut Ahli Kesehatan


Gorengan menjadi menu favorit saat buka puasa ( ilustrasi foto: merdeka.com)

HIDAYATULLAHJABAR.COM – –  Buka puasa dengan aneka gorengan bagi masyarakat muslim Indonesia seperti sudah menjadi tradisi. Saking mentradisinya hingga ada joke (guyonan) bahwa buka puasa dengan kurma itu sunnah, sementara dengan gorengan itu wajib.

Lalu, apakah buka puasa dengan gorengan ini boleh atau tidak ? Apa dampak buruk jika buka puasa dengan gorengan ? Apa ada gorengan yang sehat ?

Ahli gizi Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada (UGM), Tony Arjuna menyarankan masyarakat tidak mengonsumsi gorengan untuk berbuka puasa. Pasalnya komposisi yang terkandung dalam gorengan didominasi lemak tidak sehat.

Proses pengolahan gorengan, kata Tony, biasanya menggunakan minyak yang telah dipakai berulang-ulang. Kondisi tersebut menjadikan minyak sebagai sumber kolesterol yang sebenarnya tidak ideal untuk digunakan.

“Gorengan sangat tidak direkomendasikan untuk berbuka puasa, karena komposisinya dominan karbohidrat dan lemak tidak sehat,” kata Tony.

Selain mengandung lemak tidak sehat, Tony menjelaskan, gorengan juga tersusun dari karbohidrat sederhana.

Karbohidrat jenis tersebut, menurut dia, memiliki sifat cepat dibakar dan dicerna oleh tubuh, sehingga menjadikan kadar gula darah dalam tubuh cepat turun sehingga membuat cepat merasa lapar. [ ]

Sumber: republika.co.id

Red: admin