DPD Hidayatullah Rayon Braga Gelar Silaturahim dan Tarhib Ramadhan 1444 H


Keterangan foto dari kiri ke kanan Ustadz Dadang Abu Hamzah, Lc, (Ketua Dewan Murabbi Hidayatullah Jawa Barat), Dr. H. Ahmad Heryawan, Lc, M.Si (Gubernur Jawa Barat Periode 2008-2018) foto: dadang  

HIDAYATULLAHJABAR.COM, KOTA BANDUNG
- - Bulan Ramadhan adalah bulan yang dinantikan oleh setiap Muslim. Bulan dimana Allah Subhanahu Wa Ta’ala menurunkan rahmat, hidayah, ampunan serta anugrah kebaikan yang begitu besar.

 

Sebagai bentuk kegembiraan dalam mempersiapkan diri menghadapi kedatangan bulan yang mulia ini, DPD Hidayatullah dan Pondok Pesantren Hidayatullah Rayon Bandung Raya-Garut (Braga)  yang didukung oleh BMH Jawa Barat melaksanakan kegiatan Silaturahim dan Tarhib Ramadhan 1444 H dengan tema “Sukses Ramadhan Tanpa Rebahan, Berjuang Demi Peradaban Islam yang Bermartabat".

 

Acara yang berlangsung pada Sabtu, 18 Maret 2023 di Masjid Al Imtiyaaz Surapati Core Jl. PHH Mustofa, Kec. Cibenying Kidul Kota Bandung ini menghadirkan narasumber  Dr. H. Ahmad Heryawan, Lc, M.Si (Gubernur Jawa Barat Periode 2008-2018) dan Ustadz Dadang Abu Hamzah, Lc, (Ketua Dewan Murabbi Hidayatullah Jawa Barat).

 

Ahmad Heryawan berpesan untuk menjalankan puasa, umat Muslim agar melakukan persiapan dari awal dengan pelaksanaan yang mantap, perencanaan yang akurat, dan finishing yang cantik (husnul khotimah).

 

"Artinya, perlu menanamkan niat yang kuat dalam meraih kemenangan dan menjaga diri dari hal hal yang dapat mengurangi nilai puasa seperti  berkata kotor dan melakukan perbuatan maksiat atau kemubadiran," ungkap Kang Aher.

 

Menurutnya ada tiga hal yang harus dijaga saat bulan Ramadhan yaitu saum hati, saum pikiran, dan saum perut. "Insya Allah, jika tiga hal itu dilakukan maka kita juga akan saum mulut. Perkataan yang keluar adalah yang baik-baik saja," ujarnya.

 

Ia juga menghimbau agar mampu mengatur pola makan yang sehat ketika sahur dan buka puasa. "Karena esensi puasa juga membuat hidup lebih sehat," pungkasnya.

 

Sementara  Ustadz Dadang Abu Hamzah berpesan kepada umat Muslim agar menyambut bulan Ramadhan dengan penuh kegembiraan, kebahagiaan dan selalu memperbanyak amal shaleh, seperti memperbanyak membaca Al Qur’an, zikir, shalat, zakat dan sedekah.

 

Pada kesempatan itu, BMH me-launching Program Tebar Da’i Ramadhan 1444 H bekerjasama dengan Pos Da’i Hidayatullah Jawa Barat dengan menghadirkan para da'i yang akan ditugaskan saat bulan Ramadhan. Mereka akan mengisi ceramah atau kultum,  imam shalat Fardhu dan Tarawih, sebagai syiar Islam dalam melaksakan dakwah di berbagai masjid dan mushala.

 


Acara ini turut dihadiri oleh kepala BMH Perwakilan Jawa Barat, ketua Pos Da’i Jawa Barat, Dewan Murabbi Jabar, DPD Hidayatullah se-Bandung Raya dan Garut, DPW Hidayatullah Jawa Barat, Pemuda Hidayatullah, Muslimat Hidayatullah Provinsi dan Daerah, tamu undangan serta orangtua murid MI dan MTs Pondok Pesantren Hidayatullah Kota Bandung, Kab. Bandung, Bandung Barat, Cimahi dan Garut.

 

Acara ini diakhiri dengan pembagian hadiah dari BMH Jawa Barat, sehingga semakin menambah keseruan dan kegembiraan.*

 

Reporter: Asep Juhana, Dadang Kusmayadi

Editor: Iman