Deklarasi Pendirian dan Pelantikan Pengurus LBH Hidayatullah Garut


Foto bersama Pengurus LBH Hidayatullah Garut Jawa Barat Periode Tahun 2023-2025 ( foto: dadang kusmayadi )

HIDAYATULLAHJABAR.COM, GARUT
- - Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Hidayatullah semakin menguatkan eksistensinya dengan mendirikan sejumlah perwakilan di beberapa daerah.

 

Baru-baru ini kembali dilakukan kegiatan Deklarasi Pendirian LBH Hidayatullah dan Pelantikan Pengurus LBH Hidayatullah Garut Jawa Barat Periode Tahun 2023-2025, Ahad, (9/7/2023).

 

Acara yang bertempat di Mulih Ka Desa Hotel, Jalan Raya Samarang Kamojang KM 35, Kabupaten Garut, Jawa Barat ini diikuti sebanyak 50 orang.

 

Pada kesempatan tersebut hadir Direktur LBH Pusat Hidayatullah DR. Dudung Amadung Abdullah, SH, MH, Ketua Departemen Hukum DPW Hidayatullah Jabar, Hidayatullah, SH.I, M.Ag, dan anggota DMW Hidayatullah Jabar Ust. Anton Al-Jundi.

 

Tampak juga hadir Ketua DPW Hidayatullah Jabar Ust. Taufik Wahyudiono S.Pd, Ketua DPD Hidayatullah Garut Ust. Yana Suryana, Pimpinan Pesantren Madinatul Qur’an Hidayatullah Garut, Ust. Ibrahim, dan Ketua Yayasan Asyahaadataini Ust. Yayan Daryanto.

 

Selain itu, juga hadir penasehat ormas Fahmi Tamami Garut Drs. H. Fadhil Suharto, M.Ag, Sekjen IGPKhI Garut, DR. Erik Wahyu Zainal Kori, pengurus FKDT, Mushida, tokoh masyarakat, ulama dan umara Kabupaten Garut.

 

Acara tersebut diisi dengan edukasi hukum bagi da’i dan guru dengan tema “Da’i Cerdas Hukum di Era Digital” oleh Direktur LBH Hidayatullah, DR. Dudung Amadung Abdullah, SH yang familiar dipanggil Abah ini.

 

Menurut Abah, dalam menggunakan media sosial harus cerdas dan perlu kehati-hatian. “Kita harus cerdas menggunakan media sosial, gunakan media sosial itu untuk kebaikan, untuk dakwah,” ujarnya.

 

“Sebab, jika tidak hati-hati kita bisa kena delik hukum pasal ITE,” Abah menegaskan.

 

“Kita juga harus pandai memilih konten berita mana yang shahih mana yang hoax. Saring dulu sebelum di-share,” pungkasnya.

 

Peserta edukasi hukum bagi da’i dan guru dengan tema “Da’i Cerdas Hukum di Era Digital” oleh Direktur LBH Hidayatullah, DR. Dudung Amadung Abdullah SH, (foto: dadang kusmayadi)

Sebelum acara berakhir, Abah melantik kepengurusan LBH Hidayatullah Garut dengan susunan sebagai berikut:

 

Pembina: Indra Lesmana

Penasehat: Yana Suryana

Direktur: Opik Jaenudin

Bid. Legitasi: Sulton Muslim Hari, SH, DR. Anton Minardi S.Ip, SH, M.Ag

Bid. non Legitasi: Jajang Hermawan SH, Imam Hanung Prabowo SH, MH

Bid. Administrasi: Asep Maulana, S.PdI, Yeyet Kusnawan.

 

“Semoga tujuan berdirinya LBH Hidayatullah yaitu untuk mengedukasi, mengayomi, membela masyarakat lemah, da’i dan ulama terwujud,” ujar Hidayatullah, SHi, Mag, Ketua Departemen Hukum DPW Hidayatullah Jabar. [ ]

 

Reporter: Dadang Kusmayadi

 

Editor: Iman