DPW Hidayatullah Jabar Tolak Pembangunan Patung Soekarno di Kota Bandung


Patung Ir.Soekarno di Saparua Kota Bandung ( ilustrasi foto: tribunnews.com )


HIDAYAULLAHJABAR.COM, BANDUNG - - Rencananya patung Presiden Pertama RI, Ir.Soekarno bakal dibangun di Kota Bandung. Patung tersebut bakal memiliki tinggi sekitar 22,3 meter dan digadang-gadang menjadi patung Bung Karno yang terbesar dari yang pernah ada. Patung Bung Karno itu bakal hadir di Taman Saparua, Kota Bandung.

 


Pembangunannya dimulai pada Juli 2023 dengan diawali peletakan batu pertama pada Rabu (28/6/2023), yang dihadiri langsung Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto; Gubernur Jabar, Ridwan Kamil; Ketua DPD PDI Perjuangan Jabar, Ono Surono; Kapolda Jabar, Irjen Akhmad Wiyagus; hingga kader PDI Perjuangan, seperti Ineu Purwadewi dan Bedi Budiman.

 


Menurut Ridwan Kamil, pembangunan patung Bung Karno ini datang dari aspirasi masyarakat hingga pendanaan pembangunannya pun dari sejumlah donatur bukan APBD atau APBN.

 


"Total anggaran diperkirakan Rp 15 miliar. (Pembangunan) hasil gotong royong masyarakat hingga pengusaha yang mencintai Bung Karno dan tentu kami (pemprov) memfasilitasinya," ujar Emil sapaan Ridwan Kamil seperti dilansir dari jabar.tribunnews.com, Kamis (28/6/2023)



 

Menanggapi rencana tersebut DPW Hidayatullah Jawa Barat menyatakan sikap sebagai berikut:





PERNYATAAN SIKAP

Nomor: 007/A-23/DPW-Jabar/VIII/2023

Tentang Pembangunan Patung Proklamator Ir. Soekarno

 

Bismillahirrahmanirrahim

 

Sehubungan dengan rencana pembangunan patung Proklamator Ir. Soekarno yang digagas oleh Gubernur Jawa Barat, H. M. Ridwan Kamil di area GOR Saparua Bandung, maka Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Hidayatullah Jawa Barat menyampaikan sikap:

1. Menolak pembangunan patung Proklamator Ir. Soekarno, di area GOR Saparua Bandung, karena berpotensi menimbulkan pengkultusan, bahkan mengarah pada kemusyrikan sehingga bisa merusak aqidah umat.

2. Pembangunan patung Proklamator Ir. Soekarno dengan anggaran yang besar merupakan perbuatan mubazir dan tidak mengandung manfaat.

3. Mendesak Gubernur Jawa Barat H. M. Ridwan Kamil untuk menghentikan pembangunan patung Proklamator Ir. Soekarno tersebut.

4. Telah terjadi pro kontra yang meresahkan masyarakat dan mengganggu kondusifitas masyarakat Jawa Barat yang mayoritas Muslim.

5. Menghimbau masyarakat Jawa Barat agar tenang dan tidak terprovokasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

 

Semoga Allah SWT meridhai dan berkenan memberikan pertolongan kepada kita.

Aamiin ya Rabbal'alamiin

 

Bandung, 5 Shaffar 1445 H / 23 Agustus 2023 M

 

Hidayatullah, SHI, MAg                                                   Andi Ahmad Suhendar, S.P.d.I

 

 

Ketua                                                                                                 Sekretaris

 

 

 

Red: admin